Kesehatan

3 Bahan Alami Penawar Alergi yang Bisa Moms Coba

Alergi bisa dialami oleh siapa saja, baik anak kecil maupun orang dewasa. Kondisi alergi bisa membuat penderitanya tidak nyaman. Namun, alergi ini pun bisa dicegah dan diatasi.

Cara mencegahnya yaitu dengan menghindari penyebabnya. Misal, kalau Moms alergi seafood, maka sebaiknya tidak konsumsi seafood.

Sementara untuk mengatasinya, bisa menggunakan obat maupun penawar alergi alami. Nah, untuk penawar alergi alami, mengutip dari laman theAsianparent Indonesia, Moms bisa menggunakan bahan-bahan ini.

1. Probiotik

Berdasarkan studi tahun 2015 dari 23 penelitian mengindikasikan bahwa probiotik dapat membantu memperbaiki gejala rhinitis alergi. 

Probiotik adalah mikroorganisme yang menawarkan manfaat kesehatan dengan membantu tubuh menjaga keseimbangan bakteri usus yang sehat. 

Probiotik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga dapat membantu tubuh melawan alergi. 

2. Madu

Meskipun tidak ada bukti ilmiah untuk membuktikannya, sebuah teori populer menyarankan makan madu yang diproduksi secara lokal bagi pengidap alergi.

Masih berdasarkan teori itu, dikatakan bahwa efek yang ditimbulkan ialah dapat menurunkan reaksi alergi dari waktu ke waktu, terutama alergi terhadap serbuk sari yang dikumpulkan oleh lebah dalam membuat sarang madu. 

3. Vitamin C

Vitamin C memang punya beragam manfaat, salah satunya sebagai penawar alami alergi. Menurut penelitian tahun 2018 mengenai vitamin C sebagai pengobatan alergi, kandungan stres oksidatif memainkan peran kunci dalam penyakit alergi.

Pasalnya, vitamin C adalah antioksidan kuat dan anti-inflamasi, sehingga vitamin C dapat digunakan sebagai pengobatan alergi.

Itulah Moms 3 penawar alergi yang bisa Moms coba. Namun, jangan sembarang memberikan bahan-bahan ini kepada si kecil, ya. Lebih baiknya lagi jika Moms pun berkonsultasi kepada dokter.