Baby

Stop! Jangan Beri Susu Ini untuk Anak di Bawah 2 Tahun

Memang, ada beragam jenis susu yang bisa Moms berikan kepada si kecil, termasuk anak yang masih berusia di bawah 2 tahun. Seperti susu sapi, susu kambing, dan susu kedelai.

Akan tetapi, Moms tahu enggak, sih, kalau ternyata ada juga jenis susu yang tidak direkomendasikan diberikan kepada anak di bawah usia 2 tahun. Susu apakah itu?

Mengutip dari situs theAsianparent Indonesia, susu yang tidak direkomendasikan untuk anak di bawah usia 2 tahun yaitu susu nabati. Sebab, secara umum jenis susu ini rendah protein sehingga bisa berdampak pada pertumbuhan si kecil.

Dokter biasanya tidak menganjurkan anak di bawah usia 2 tahun diberi susu nabati seperti almond milk, khususnya susu almond homemade yang tidak difortifikasi. Lalu, oat milk dan coconut milk yang memiliki kandungan protein rendah.

Penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, mengumpulkan data lebih dari 5000 anak Kanada yang sehat dari usia 2-6 tahun. Dari penelitian itu dinyatakan, setiap cangkir susu nabati yang diminum anak setiap hari dikaitkan dengan penurunan rata-rata tinggi 0,4 cm.

Diduga kondisi itu terjadi karena susu nabati tidak mengandung cukup protein dan lemak guna mendukung masa pertumbuhan anak.

Walau demikian, memang masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait hubungan antara susu nabati dan pertumbuhan anak. Hanya saja, studi tadi bisa membantu meningkatkan kesadaran orang tua perbedaan susu hewani dengan nabati.