Baby

3 Penyebab Urine Bayi Bau Menyengat, Simak Moms!

Pernahkah Moms mendapati urine bayi yang baunya sangat menyengat? Kalau sudah kayak gini, nih, pasti kita sebagai ibu agak panik, ya, Moms.

Kira-kira apa penyebab urine bayi bau menyengat? Apakah kondisi ini menjadi tanda adanya gangguan kesehatan dalam tubuh bayi?

Mengutip dari situs theAsianparent Indonesia, berikut ini 3 faktor penyebab urine bayi bau menyengat.

1. Makanan yang Dikonsumsi

Bila si kecil masih mendapat ASI eksklusif, makanan yang Moms konsumsi bisa berpengaruh pada kondisi urine bayi. Oleh karena itu, sebaiknya Moms periksa kembali jenis makanan apa saja yang dikonsumsi akhir-akhir ini.

Adapun beberapa jenis sayuran yang bisa menyebabkan urine bau menyengat yaitu asparagus, bawang bombai, serta bawang putih. Selain itu, jika Moms mengonsumsi antibiotik, bisa juga menyebabkan urine bayi jadi bau menyengat.

Sementara jika si kecil sudah mendapat MPASI, coba cek lagi jenis makanan yang diberikan untuknya. Bisa jadi kondisi ini berasal dari makanan yang Moms sajikan dalam menu MPASI anak.

2. Infeksi Saluran Kencing

Bakteri bisa saja masuk ke dalam saluran kencing bayi, lalu menyebabkan infeksi sehingga urine yang dihasilkan bayi berbau menyengat. 

Moms patut waspada jika urine bayi bau menyengat disertai demam pada bayi. Segera bawa ke dokter jika si kecil mengalami kondisi ini untuk mendapat pemeriksaan lengkap.

3. Bayi Dehidrasi

Urine bayi bau menyengat bisa jadi tanda ia mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan cairan si kecil, ya, Moms.

Apabila bayi masih menyusu, Moms bisa berikan ASI maupun susu formula. Sementara jika sudah mulai MPASI, berikan air putih yang cukup untuknya.

Itulah Moms 3 penyebab urine bayi bau menyengat yang perlu diwaspadai. Jangan anggap sepele, ya, Moms.