Ibu Menyusui

Waspada Bakteri Cronobacter di Pompa ASI, Busui Wajib Tahu!

Segala peralatan yang tidak dibersihkan dengan benar dapat memicu timbulnya bakteri-bakteri yang mengancam kesehatan kita dan keluarga. Begitu juga dengan pompas ASI, nih, Moms.

Para busui wajib tahu kalau adalah salah satu bakteri yang dikhawatirkan bisa mencemari pompa ASI dan peralatan menyusui, yakni bakteri Cronobacter. Bakteri apakah itu?

Mengutip dari situs theAsianparent Indonesia, Cronobacter sebenarnya secara alami ada di mana saja dan bisa menyerang siapa saja. Namun, infeksi bakteri Cronobacter pada bayi dapat membawa dampak yang serius.

Berdasarkan penjelasan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Cronobacter dapat menyebabkan komplikasi berbahaya bahkan meningitis pada bayi. Meski jarang terjadi, infeksi karena Cronobacter dapat mematikan bagi bayi. 

Wah, ngeri, ya, Moms!

Moms juga harus tahu, nih, jika bayi yang berusia di bawah 2 bulan sangat berisiko terkena infeksi bakteri Cronobacter. Adapun gejala awal yang dialami bayi yaitu berupa demam, tidak mau menyusu, menangis, hingga tubuhnya terlihat sangat lemas.

Oleh karena itu, agar si kecil terhindar dari infeksi bakteri Cronobacter, Moms harus selalu bersihkan pompa ASI dan alat-alat menyusui dengan benar, ya.