Kesehatan

Amankah Anak Menggunakan Pasta Gigi Fluoride?

Pasta gigi fluoride sudah lazim digunakan. Sebab, fluoride memang dapat menjaga kesehatan gigi serta mencegah gigi keropos. Namun, apakah pasta gigi fluoride ini aman digunakan pada anak?

Tenang, Moms, ternyata penggunaan pasti gigi fluoride untuk anak itu aman, kok. Justru kandungan ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gigi si kecil.

American Dental Association (ADA) merekomendasikan penggunaan pasta gigi berfluoride untuk anak yaitu pada usia 24 bulan. Takarannya pun perlu dibatasi, yaitu sebesar satu biji kacang polong.

Lalu, semakin bertambahnya usia anak, Moms bisa menambahkan takaran pasta gigi jadi lebih banyak. Hal ini guna mencegah terjadinya gigi anak berlubang.

Hanya saja, jangan sampai berlebihan memakainya. Guna mencegah suatu kondisi yang disebut fluorosis, yakni akibat tertelannya pasta gigi fluoride pada usia muda.

Mengutip dari situs theAsianparent Indonesia, secara lebih spesifik, fluoride yang terkandung dalam pasta gigi memiliki banyak manfaat, di antaranya yaitu:

  • Mampu memperbaiki kerusakan gigi dini pada anak
  • Mencegah terjadinya gigi berlubang
  • Membatasi pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut dan kerusakan gigi dimulut
  • Memperkuat enamel gigi yang melemah
  • Memperlambat hilangnya mineral dari email gigi

Oleh karena itu, Moms, pastikan setelah makan dan sebelum tidur, anak harus menyikat giginya dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.