Pregnancy

Kapan Jeda Waktu Terbaik untuk Hamil Lagi?

Siapa, nih, Moms yang sedang kembali merencanakan program kehamilan? Nah, sebelum memulai program kehamilan pascapersalinan, sebaiknya Moms harus tahu jeda waktu terbaik untuk hamil lagi.

Menurut US Department of Health and Human Service, idealnya seorang perempuan harus menunggu selama 12 bulan untuk kembali hamil setelah melahirkan. Sementara Jeda waktu kehamilan yang disarankan yaitu 18-24 bulan. 

Mengutip dari situs theAsianparent Indonesia, jeda waktu tersebut diperlukan untuk proses pemulihan tubuh. Sebab, sangat berisiko jika Moms hamil pada jeda waktu yang singkat setelah melahirkan.

Adapun risikonya yaitu bayi lahir prematur, ketuban pecah dini, bayi lahir dengan berat rendah, mengalami solusio plasenta, hingga bayi menderita cacat bawaan.

Di sisi lain, jika usia Moms sudah lebih dari 35 tahun, maka berisiko mengalami tekanan darah tinggi dan preeklampsia di kehamilan selanjutnya. Duh, pasti Moms tidak mau, kan, mengalami kondisi ini?

Oleh karena itu, tentukan jeda waktu kehamilan yang tepat agar Moms terhindar dari risiko-risiko buruk yang tidak diharapkan.