Baby

Seberapa Banyak Bayi Membutuhkan Cairan dalam Tubuhnya?

Menjaga hidrasi tubuh adalah suatu hal yang penting untuk dilakukan bagi orang dewasa maupun bayi. Hanya saja, untuk bayi di bawah usia 6 bulan memang tidak dianjurkan diberikan air putih. Kira-kira Moms sudah tahu belum, nih, apa alasan bayi tidak boleh diberikan air putih?

Melansir dari Momjunction, perut bayi hanya mampu menampung sekitar 1-2 sendok teh atau sekitar 5-10 mililiter. Lantaran ukurannya yang sangat kecil, maka lebih baik memberikan asupan gizi yang esensial untuk si kecil, daripada hanya memberikan air putih.

Oleh karena itu, untuk menjaga hidrasi tubuh bayi, Moms bisa memberikan ASI atau susu formula untuknya. Sebab, ASI ataupun susu formula mengandung vitamin, mineral, lemak, dan kalori yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi.

Nah, ketika si kecil sudah berusia 6 bulan, Moms mulai bisa memberikan air putih kepada si kecil. Hanya saja, jumlahnya pun tetap harus dibatasi.

Masih mengutip dari situs Momjunction, untuk bayi usia 6 bulang hingga 1 tahun, jumlah air putih yang bisa Moms tawarkan kepadanya yaitu sekitar 118-236 ml, jika memang diperlukan setiap harinya.

Sebab, biasanya pemberian ASI ataupun susu formula masih cukup untuk memenuhi kebutuhan hidrasi bayi.