Kesehatan

Tips Menghentikan Kebiasaan Anak Menggigit Kuku

Kadang kala kita juga, ya, Moms yang agak risih ketika anak memiliki kebiasaan menggigit kuku. Sebab, belum tentu juga, kan, kuku mereka bersih. Khawatir abis megang suatu benda yang kotor, eh, setelah itu malah refleks mengigit kukunya.

Jika buah hati Moms punya kebiasaan ini, Moms harus segera mengatasinya agar kondisinya tidak terus berlangsung hingga dewasa. Tentu saja peran orang tua sangat dibutuhkan guna menghentikan kebiasaan anak menggigit kuku.

Melansir dari situs Momjunction, inilah sederet cara atau tips menghentikan kebiasaan anak menggigit kuku yang bisa diterapkan.

  1. Rajin potong kuku si kecil agar ia tidak bisa menggigitnya. Sebab, kuku yang panjang lebih berisiko membuat si kecil suka menggigitnya.
  2. Gantikan kebiasaan menggigit kuku dengan teknik relaksasi lain, seperti mengambil napas dalam-dalam dan perlahan.
  3. Identifikasi pemicu yang menyebabkan kebiasaan ini.
  4. Buatlah si kecil sibuk dan fokus pada hal lain.
  5. Hindari menghukum atau mengomel kepada anak, karena dapat memperburuk kondisinya. Sebalinya, Moms harus beri dukungan kepada anak agar mereka lebih percaya diri.

Orang tua juga dapat mencari nasihat profesional jika tidak ada perbaikan pada kondisi si kecil. Metode pengobatan kebiasaan menggigit kuku pada anak meliputi:

  1. Psikoterapi, termasuk terapi perilaku kognitif, mengajarkan teknik untuk mengontrol perilaku anak-anak.
  2. Terapi analisis fungsional.
  3. Habit reversal therapy (HRT) 

Sebenarnya kebiasaan menggigit kuku ini bisa hilang dengan sendirinya. Namun, jika kondisinya sudah kronis bisa berisiko menyebabkan komplikasi kuku dan rongga mulut.

Oleh karena itu, jika kebiasaan menggigit kuku pada anak tampak mengkhawatirkan, segera konsultasikan dengan pakar untuk mendapat penanganan yang tepat.