Growth

Kapan Tulang Akan Tumbuh Pesat? Yuk, Cari Tahu Moms!

Moms, tahu enggak, sih, kapan tulang akan tumbuh pesat? Ternyata, dalam sebuah penelitian di Journal of Pediatric Orthopedics, tulang akan mengalami pertumbuhan pada malam hari.

Mengutip dari situs Hellosehat, peneliti dalam penelitian tersebut menempatkan sensor pada tulang kaki anak domba untuk memantau pertumbuhan tulang hewan. Hasilnya, 90% pertumbuhan terjadi saat hewan tidur atau sedang beristirahat.

Peneliti pun mengamati pola pertumbuhan tulang yang benar-benar hanya tumbuh ketika anak domba sedang berbaring atau istirahat. Sementara itu, ketika anak domba berdiri atau bergerak, tulang tidak bertambah.

Hal ini disebabkan oleh tulang rawan antara tulang akan tertekan ketika berdiri, duduk, atau melakukan kegiatan lain yang dilakukan sepanjang hari. Pada akhirnya ini dapat menghambat tulang bertumbuh optimal.

Sedangkan saat berbaring atau tidur, tulang rawan akan meregang dan tidak tertekan, yang membuat tulang mudah memanjang.

Akan tetapi, yang patut Moms ingat juga, pertumbuhan tulang pun dipengaruhi oleh asupan gizi yang dikonsumsi setiap harinya.

Oleh karena itu, jika Moms ingin si kecil mengalami pertumbuhan tulang yang optimal, cukupi asupan gizi hariannya serta pastikan ia mendapat waktu istirahat atau tidur yang cukup pula.