Pregnancy

Mengenal Oksiput Posterior, Posisi Janin Telentang yang Berisiko Ganggu Persalinan

Pastinya ada banyak hal yang perlu Moms persiapkan ketika memasuki usia trimester ketiga kehamilan. Namun, di tengah persiapan itu, sebaiknya Moms tetap waspada dengan kondisi kehamilan.

Termasuk waspada dengan posisi janin Occiput Posterior (OP) atau Oksiput Posterior. Moms mungkin jarang mendengar atau bahkan tidak familier tentang posisi janin oksiput posterior.

Lantas, apakah itu posisi janin oksiput posterior?

Mengutip dari situs theAsianparent Indonesia, oksiput posterior merupakan posisi bagian belakang janin, kepala atau punggung janin, berhadapan dengan tulang belakang ibu.

Posisi ini bisa disebut juga dengan bayi telentang. Sebab, punggung bayi berada di punggung ibu, dan memasuki pelvis dengan kepala menghadap ke depan. Perlu Moms ketahui, posisi ini sangat berlawanan dengan posisi oksiput anterior yang dianggap posisi optimal untuk melahirkan.

Apa Risiko Posisi Janin Oksiput Posterior?

Posisi ini dinilai membuat proses persalinan normal akan berjalan lebih lama. Bahkan beberapa ibu ada yang lebih membutuhkan pitocin atau obat induksi persalinan untuk merangsang kontraksi.

Selain itu, tak menutup kemungkinan juga untuk melahirkan dengan cara operasi caesar. Kemudian, berisiko mengalami perdarahan postpartum yang lebih besar.

Lalu, persalinan normal dengan posisi janin ini pun lebih mungkin membuat Moms mengalami episiotomi atau sayatan yang dibuat pada perineum (jaringan di antara jalan lahir bayi dan anus) pada saat proses persalinan.

Posisi oksiput posterior saat lahir juga dikaitkan dengan risiko komplikasi jangka pendek yang lebih tinggi untuk bayi. Misalnya, skor Apgar lima menit yang lebih rendah, kemungkinan lebih besar perlu dirawat di unit perawatan intensif neonatal, dan tinggal di rumah sakit yang lebih lama.

Itulah Moms penjelasan tentang posisi oksiput posterior yang perlu diwaspadai. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter, ya, terkait kondisi Moms dan janin dalam kandungan.