Baby

Bolehkah Menidurkan Bayi di Ayunan?

Dari zaman dahulu hingga sekarang masih banyak orang tua yang sering meletakkan bayinya di ayunan. Apakah Moms salah satunya?

Sebenarnya cara ini dilakukan untuk membuat si kecil anteng, terlebih ketika ia mulai bosan di kasur. Dan ternyata, cara ini ampuh, lo, untuk beberapa bayi.

Bahkan, tak sedikit pula bayi yang sampai tertidur ketika diletakkan di ayunan. Namun, kira-kira ini aman enggak, ya, Moms?

Faktanya, nih, Moms, mengutip dari theAsianparent Indonesia, American Academy of Pediatrics (APP) merilis pedoman yang menyarankan orang tua untuk menghindari penggunaan ayunan bayi sebagai alat bantu tidur.

Tidak aman membiarkan bayi tidur di ayunan untuk waktu yang lama, apalagi jika tidak diawasi oleh orang tua atau pengasuh. Salah satu risiko yang bisa saja terjadi saat menidurkan bayi di ayunan yaitu sindrom kematian mendadak (SIDS).

Oleh karena itu, Moms, tidak direkomendasikan menidurkan bayi di ayunan dalam durasi panjang, seperti saat tidur malam. Moms pun harus tetap mengawasi bayi ketika sedang meletakkannya di ayunan.