Pregnancy

Sesak Napas Saat Hamil, Apa, sih, Penyebabnya?

Hamil merupakan momen membahagiakan bagi para wanita yang telah menikah. Perasaan sukacita seakan menyelimuti hari-hari yang dijalani, karena status sebagai ibu tak lama lagi akan disandang.

Akan tetapi, di balik kebahagiaan itu, ibu hamil kerap kali merasakan sejumlah keluhan yang membuat tubuh terasa tidak nyaman. Sebut saja yang paling sering terjadi adalah mual dan muntah, khususnya di trimester pertama.

Selain itu, sejumlah ibu hamil pun kerap mengeluhkan sesak napas atau napas pendek. Sebenarnya kondisi ini normal-normal saja, tetapi pastinya sangat tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas harian.

Lantas, apa, ya, Moms, penyebab sesak napas saat hamil?

Mengutip dari situs Alodokter.com, sesak napas yang dialami di awah kehamilan bisa disebabkan oleh peningkatan kadar progesteron. Kondisi ini membuat kebutuhan tubuh bernapas menjadi meningkat. Sementara itu, tubuh ibu harus menyesuaikan diri karena berbagi oksigen dengan janin, sehingga napas terasa sesak.

Sedangkan jika sesak napas dialami di trimester akhir kehamilan, adapaun faktor yang bisa menjadi penyebabnya adalah tekanan pada diafragma. Hal ini terjadi karena ukuran rahim yang semakin membesar.

Itulah Moms faktor-faktor penyebab sesak napas saat hamil. Apakah Moms pernah merasakan keluhan ini atau justru saat ini sedang mengalaminya? Tetap semangat, ya, Moms.