Pregnancy

Amankah Melakukan Hubungan Seks Saat Hamil?

Pernikahan tanpa hubungan bagaikan sayur tanpa garam, ya, Moms… Seperti ada yang kurang! Namun, bagaimana kalau kondisinya Moms lagi hamil, nih? Apakah boleh melakukan hubungan seksual dengan pak suami ketika kita lagi hamil?

Eits, enggak usah panik, Moms, ternyata melakukan hubungan seks saat hamil cenderung aman, loh, terutama bagi Moms yang memiliki kondisi kehamilan sehat. Hal ini diungkapkan oleh The American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG). Aktivitas ini termasuk hubungan seksual atau penetrasi dengan jari maupun mainan seks.

Akan tetapi, jika kondisi kehamilan Moms kurang sehat atau memiliki komplikasi tertentu, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Lalu, adakah dampaknya bagi janin jika Moms dan pak suami melakukan hubungan seks saat hamil? Tenang saja, Moms, ternyata buah hati kita tetap aman, kok, di dalam kandungan. Sebab, ada kantung ketuban dan otot rahim yang kuat melindungi janin. 

Patut diingat pula kalau seks saat hamil tidak memicu keguguran! Melansir situs Mayoclinic.org, berhubungan seks selama masa kehamilan tidak akan memicu keguguran. Mayoritas keguguran terjadi karena janin tidak berkembangan secara normal, bukan karena melakukan hubungan seksual saat hamil.