Baby

Waspada! Warna Pup Bayi Merah Bisa Jadi Tanda Bahaya

Perlu Moms ketahui, salah satu indikator kesehatan bayi bisa kita pantau dari warna pup atau fesesnya. Ada sejumlah faktor yang membuat warna pup bayi menjadi beragam, seperti kuning, cokelat, hitam, bahkan merah.

Apabila warna pup bayi Moms cokelat, kuning, dan hijau, kondisi ini masih dikatakan normal. Adapun penyebabnya bisa karena asupan yang diterima bayi, baik itu ASI, susu formula, maupun MPASI bagi buah hati yang sudah berusia 6 bulan ke atas.

“Cokelat, kuning, dan hijau semuanya normal. Ini sering bisa bolak-balik di antara mereka,” kata dokter anak Jason Sherman, DO, mengutip dari situs Cleveland Clinic.

Akan tetapi, Moms perlu waspada jika pup bayi berwarna merah!

Melansir Healthychildren.org, pup bayi berwarna merah bisa jadi bercampur dengan darah. Apabila Moms menemukan kondisi ini pada buah hati di rumah, langkah pertama yang harus Moms lakukan adalah segera memeriksakannya ke dokter. Tujuannya tentu saja untuk mengetahui penyebab pastinya.

Warna merah di pup bayi bisa berarti tercampur darah, terutama pada periode bayi baru lahir. Atau ketika bayi belum minum dan makan apa pun yang berwarna merah. Pup yang berdarah harus dievaluasi karena itu bisa menjadi tanda masalah.