Pregnancy

3 Faktor Penyebab Stretch Mark Selama Kehamilan

Stretch mark atau guratan yang kerap muncul di bagian paha, perut atas, payudara, bokong, dan lengan atas dialami oleh sekitar 90% ibu hamil.

Melansir dari situs Momjunction, ada beberapa faktor risiko yang bisa jadi penyebab munculnya stretch mark selama hamil.

Di antaranya yaitu:

1. Peregangan Fisik

Tubuh Moms akan mengembang selama kehamilan, dan akibatnya, kulit mulai meregang. Peregangan yang terus-menerus tidak akan memberikan waktu yang cukup lama bagi kulit untuk pulih dan menyesuaikan diri dengan perubahan. Oleh karena itu, kulit mulai robek dan meninggalkan bekas luka, membentuk stretch mark.

2. Hormon

Meningkatnya hormon kehamilan menarik air ekstra ke dalam kulit yang membantu mengendurkan ikatan serat kolagen. Hal ini dapat membuat kulit mudah robek saat diregangkan, sehingga menyebabkan stretch mark.

3. Faktor Keturunan

Meskipun tidak spesifik untuk kehamilan, stretch mark mungkin bersifat genetik. Jika orang tua Moms, khususnya ibu, memiliki stretch mark, kemungkinan besar Moms juga akan mengalaminya selama kehamilan.

Itulah Moms beberapa faktor penyab stretch mark saat hamil. Memang, sih, bisa mengganggu penampilan, tetapi jangan terlalu ambil pusing, ya. Nikmati kehamilan dengan sukacita dan sehat!