Pregnancy

5 Cara Mencegah Stretch Mark Saat Hamil

Stretch mark adalah guratan yang muncul pada kulit tubuh, khususnya di bagian yang banyak mengandung lemak. Seperti di paha, bokong, perut atas, lengan atas, serta payudara.

Ibu hamil sering kali mengalami stretch mark. Melansir dari situs Momjunction, sekitar 90% wanita mengalami stretch mark selama masa kehamilan.

Meski demikian, stretch mark ini masih bisa Moms cegah kondisinya agar tidak terlalu parah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mencegah stretch mark saat hamil.

1. Kontrol Berat Badan

Cobalah untuk menjaga berat badan yang sehat dengan diet seimbang. Kenaikan berat badan yang stabil dan sehat dapat membantu mengurangi terjadinya atau intensitas stretch mark.

2. Tetap Terhidrasi

Minum setidaknya dua liter air per hari dan tetap terhidrasi dapat membantu meremajakan dan memperkuat kulit Moms.

3. Cukupi Asupan Kaya Nutrisi

Kulit kita mengandung serat kolagen dan elastin, yang membantu mengencangkan kulit saat meregang. Kulit yang kencang dan kuat cenderung tidak meregang dan meninggalkan bekas luka.

Oleh karena itu, konsumsilah makanan kaya seng, vitamin C dan E, karena nutrisi ini membantu membentuk kolagen dan memperbaiki kerusakan jaringan. Selain itu, vitamin B2 dan B3 penting untuk kesehatan kulit.

4. Olahraga

Olahraga teratur dapat meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan elastisitas kulit.

5. Gunakan Pelembap

Selain hidrasi dan olahraga, Moms juga bisa menjaga kekenyalan kulit dengan menggunakan pelembap secara teratur. Moms dapat mengoleskan pelembap dua kali setiap hari dari trimester pertama untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan elastis.

Itulah Moms cara-caranya, semoga bisa membantu, ya.