Baby

Cara Mengeluarkan Dahak Bayi Menggunakan Rubber Bulb

Saat bayi terserang flu dan batuk, kondisi ini biasanya disertai dengan adanya dahak atau lendir. Keberadaan dahak atau lendir tentu saja membuat bayi sangat tidak nyaman. Bahkan sering kali bisa mengganggu bayi bernapas.

Dampaknya bisa membuat bayi lebih rewel dari biasanya. Oleh karena itu, Moms haru tahu, nih, cara mengeluarkan dahak bayi agar ia bisa kembali bernapas dengan nyaman. Adapun salah satu cara aman yang bisa Moms lakukan yaitu menggunakan rubber bulb atau karet pengisap.

Melansir dari situs Alodokter, rubber bulb adalah pipet karet yang berfungsi menyedot cairan. Rubber bulb merupakan alat yang tepat untuk mengeluarkan dahak bayi yang berusia di bawah 6 bulan.

Berikut adalah cara menggunakan rubber bulb:

  • Terlebih dahulu cuci rubber bulb menggunakan air hangat yang dicampur sedikit sabun, lalu bilas hingga bersih dan keringkan. Tujuannya agar rubber bulb steril sebelum digunakan pada bayi.
  • Posisikan kepala bayi sedikit lebih rendah dari tubuhnya.
  • Pencet bulb, lalu posisikan ujungnya di ujung lubang hidung bayi, tetapi jangan memasukkan batang bulb ke lubang hidung bayi, ya, Moms.
  • Perlahan, lepaskan bulb untuk mengisap dahak.
  • Kosongkan bulb dengan membuang isinya ke tisu.
  • Bersihkan bulb dengan cara memencet dan melepaskannya bergantian di dalam mangkuk berisi air steril.

Jangan menyedot dahak atau lendir bayi secara berlebihan, ya, Moms. Lakukan secara hati-hati agar si kecil pun tenang saat sedang disedot dahaknya.