Growth

3 Cara Mengetahui Bakat Anak, Catat Moms!

Setiap anak memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda. Sebagai orang tua, tugas Moms adalah mengetahui minat dan bakat dari putra-putrinya. Setelah itu, coba asahlah bakatnya agar bisa berkembang dengan optimal.

Lantas, bagaimana caranya mengetahui minat dan bakat anak sejak dini? Mengutip dari situs SehatQ.com, berikut ini cara-cara yang bisa orang tua lakukan.

1. Mengamati Kebiasaan Anak

Biasanya anak akan lebih sering melakukan sesuatu hal yang ia sukai. Nah, Moms, bisa amati, nih, kira-kira si kecil suka melakukan apa, ya, di rumah?

Contohnya jika buah hati Moms suka sekali ketika diajak melakukan aktivitas fisik, seperti bersepeda ataupun bermain bola. Bisa jadi ia minat pada bidang olahraga.

2. Mengajak Anak Berbicara

Moms bisa mengajak anak mengobrol, loh, terkait hal-hal yang mereka sukai dan tidak sukai. Lalu, Moms bisa juga tanyakan padanya tentang keinginan mereka. Dengan cara ini Moms dapat mengidentifikasi minat dan bakat anak.

3. Mengikuti Tes Minat dan Bakat

Moms bisa mengantarkan anak untuk mengikuti tes minat dan bakat seperti tes IQ. Tes yang dilakukan oleh profesional ini bisa membantu Moms dalam mengidentifikasi bakat anak sejak kecil.

Itulah Moms cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui bakat anak. Yuk, Moms, coba terapkan sekarang kepada buah hati di rumah.