Baby

Cara Menyiapkan Susu Formula untuk Bayi secara Aman

Ada beberapa kondisi yang membuat bayi tidak bisa menerima ASI secara optimal sehingga ia harus diberikan susu formula. Jika buah hati Moms salah satu bayi yang menerima susu formula, maka Moms harus tahu cara aman menyiapkan susu formula untuk bayi.

Mengutip dari situs Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menyiapkan susu formula bayi secara aman di rumah.

  • Awali dengan mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun sebelum mencuci bersih peralatan minum bayi
  • Cuci peralatan minum dan perlengkapan yang dipakai sepertu gelas dan sendok secara seksama dengan air hangat dan sabun. Semua sisa susu harus disikat bersih tanpa sisa. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih. Apabila menggunakan perangkat sterilisasi, ikuti petunjuk pemakaian.
  • Jangan lupa membersihkan permukaan meja tempat menyiapakan susu formula sebelum digunakan.
  • Selalu gunakan air matang bersuhu minimal 70 derajat celsius dengan jumlah sesuai takaran penyiapan untuk membuat susu formula. Untuk mendapatkan suhu 70 derajat, air yang sudah mendidih didiamkan sekitar 10 menit, baru kemudian dicampur dengan susu formula. Susu yang masih panas dapat diturunkan suhunya dengan meletakkan botol atau gelas berisi susu dalam wadah berisi air dingin. Periksa suhu formula sebelum diberikan pada bayi dengan cara meneteskan di kulit pergelangan tangan bagian dalam orang dewasa.
  • Tidak boleh menyiapkan susu dengan cara mencampur bubuk formula dengan sedikit air bersuhu 70 derajat celsius kemudian menambahkan air dingin hingga mencapai jumlah takaran yang disarankan.
  • Berikan susu formula dalam watu 2 jam setelah dibuat. Buanglah sisa susu apabila waktunya sudah lewat.
  • Apabila susu tidak akan segera diberikan setelah dibuat, segera dinginkan dan simpan dalam wadah tertutup rapat dalam lemari pendingin dengan suhu kurang dari 5 derajat celsius. Gunakan susu yang disimpan tersebut dalam waktu kurang dari 24 jam.

Dengan memperhatikan langkah-langkah penyiapan susu forula secara aman dapat mencegah terjadinya kontaminasi bakteri pada tubuh si kecil. Sehingga si kecil pun dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dengan asupan nutrisi yang diberikan untuknya.