Baby

Beragam Warna Pipis Bayi Baru Lahir, Ketahui Mana yang Normal dan Tidak!

Memantau kondisi kesehatan bayi baru lahir adalah hal penting yang perlu dilakukan oleh orang tua. Adapun salah satu cara memantau kesehatan bayi yaitu lewat warna urine atau pipisnya.

Ada beberapa warna pipis bayi baru lahir yang dibilang normal dan tidak normal. Mengutip dari situs theAsianparent Indonesia, inilah penjelasannya untuk Moms. Simak terus, ya, Moms!

  1. Kuning. Tandanya buah hati Moms sehat.
  2. Oranye. Urine bayi akan semakin gelap dan pekat jika ia tidak minum banyak cairan. Hal ini dapat menyebabkan warna urine terlihat oranye atau kuning pekat.
  3. Merah Muda. Warna ini terjadi karena kandungan kristal asam urat yang disebabkan kepekatan urine. Kondisi ini normal terjadi pada minggu-minggu pertama kelahiran. Namun, jika terus terjadi, konsultasikan kepada dokter.
  4. Cokelat Kemerahan. Bisa jadi menandakan adanya darah pada urine. Darah dalam urine dapat berasal dari ginjal, ureter, kandung kemih, atau uretra. Jika kondisi ini disertai gejala lain seperti bayi tidak nafsu menyusu, demam, muntah, perdarahan, segera bawa ke dokter!
  5. Merah Segar. Urine berwarna merah segar seperti darah bisa dianggap tidak normal. Ada pula kemungkinan penyebabnya karena ruam popok.
  6. Hijau atau Kebiruan. Dapat disebabkan oleh apa yang dikonsumsi, misalnya pewarna makanan berwarna hijau atau biru, obat-obatan tertentu seperti Cimetidine, Amitriptyline, Indomethacin, dan Promethazine.
  7. Putih. Urine bayi yang berwarna putih bisa menjadi salah satu tanda adanya infeksi saluran kemih ataupun salah satu gejala penyakit yang berhubungan dengan ginjal. Segera konsultasikan kepada dokter.

Nah, mulai sekarang, Moms jangan abai lagi dengan warna pipis atau urine bayi, ya. Sebab, bisa jadi buah hati Moms sedang mengalami gangguan kesehatan tertentu.