Baby

Cara Mengatasi Bayi Susah BAB, Simak Moms!

Kita yang orang dewasa saja akan merasa tidak nyaman, ya, Moms, ketika mengalami susah BAB, apalagi jika bayi yang mengalaminya. Duh, rasanya enggak tega kalau buah hati kita sampai mengalami susah BAB atau sembelit.

Terlebih bayi belum bisa mengungkapkan apa yang ia rasakan dan alami. Tentu saja ini bisa menjadi penghambat untuk Moms bisa segera mengatasi gangguan kesehatan yang dialaminya, seperti saat bayi sembelit.

Meski demikian, ada beberapa tanda yang bisa Moms perhatikan ketika bayi mengalami sembelit. Seperti feses yang keras, perut kembung, dan bayi menjadi lebih rewel.

Nah, mengutip dari situs theAsianparent Indonesia, untuk mengatasi bayi susah BAB atau sembelit, Moms bisa menggunakan beragam cara ini:

  1. Menyusui bayi lebih sering.
  2. Jika bayi minum susu formula (sufor), coba ganti sufornya. Jangan lupa konsultasikan dengan dokter terkait pemilihan susu formula bayi.
  3. Pijat perut bayi dengan lembut.
  4. Lakukan gerakan sederhana pada lutut. Caranya, coba tekuk lutut bayi ke arah dadanya.
  5. Mandi air hangat.

Cara-cara tersebut dipercaya dapat mengatasi bayi sembelit. Jika kondisinya tak kunjung membaik, lebih baik segera bawa bayi ke dokter, ya, Moms.