Baby

Rambut Bayi Rontok, Apa Penyebabnya?

Pernahkah Moms mendapati rambut bayi rontok? Kok, bisa, ya? Nah, perlu Moms ketahui, rambut bayi memiliki tahap pertumbuhan dan tahap istirahat.

Mengutip dari theAsianparent Indonesia, dijelaskan jika tahap pertumbuhan rambut bayi berlansung sekitar 3 tahun. Sedangkan tahap istirahat berlangsung sekitar 3 bulan. Atau ada juga yang hingga 6 bulan, dan itu masih dikatakan normal.

Sekitar 5-15 persen rambut di kulit kepala biasanya ada dalam fase istirahat pada satu waktu. Namun, akibat stres, demam, serta perubahan hormon, bisa berdampak pada banyak rambut yang berhenti tumbuh sekaligus.

Sementara itu, yang menyebabkan rambut bayi rontok yaitu akibat kadar hormon bayi yang turun tepat setelah ia menghirup oksigen pertamanya. Kondisi ini membuat bayi kehilangan rambut setelah ia dilahirkan. Layaknya ibu yang baru saja melahirkan.

Sebenarnya kerontokan rambut bayi ini wajar, kok, Moms. Namun, jika kerontokan rambut berlebihan, bisa jadi disebabkan adanya masalah kesehatan lain. Salah satunya terkait masalah gizi. Oleh karena itu, jika si kecil mengalami kerontokan berlebihan, segera hubungi dokter, ya.