Baby

Bayi 9 Bulan Belum Bisa Duduk, Haruskah Moms Waspada?

Duduk merupakan bentuk kemampuan dasar yang harus dikuasai bayi sebelum ia menguasi kemampuan lainnya seperti merangkak, berdiri, lalu berjalan. Biasanya bayi sudah bisa duduk di usia 6 bulan dengan bantuan sandaran.

Kemudian, pada usia 8 bulan, bayi sudah mulai bisa duduk sendiri tanpa bantuan sandaran. Namun, bagaimana, nih, Moms jika di usia 8 bulan bahkan hingga 9 bulan bayi belum bisa juga duduk? Haruskah kita khawatir?

Perkembangan tiap anak memang berbeda-beda, ya, Moms. Namun, jika sampai usia 9 bulan si kecil belum bisa duduk sendiri, maka Moms harus waspada! Bisa jadi ini sebuah tanda keterlambatan keterampilan motorik kasar yang dialami oleh bayi.

Mengutip dari situs theAsianparent Indonesia, adapun salah satu penyebab yang membuat bayi 9 bulan belum bisa duduk yaitu karena otot yang lemah.

Untuk bisa duduk tegak, bayi membutuhkan otot-otot yang kuat. Ia perlu membangun kekuatan di bagian otot leher, batang tubuh, dan tulang belakang. Apabila salah satu atau bahkan seluruh otot yang diperlukan untuk duduk ini lemah, maka bayi tidak akan bisa menguasi kemampuan duduk.

Oleh karena itu, jika sampai di usia 9 bulan bayi belum bisa duduk, segeralah Moms konsultasikan ke pakar atau dokter. Dengan begitu diharapkan si kecil akan mendapatkan penanganan yang tepat sehingga ia bisa melalui proses perkembangan yang tepat sesuai usianya.