Baby

Bolehkah Bayi Minum Air Putih?

Seperti yang kita tahu, ya, Moms, kalau bayi baru lahir hingga usia 6 bulan hanya boleh mengonsumsi ASI ataupun susu formula. Lantas, bagaimana dengan air putih, apakah boleh? Mengingat air putih dengan ASI ataupun susu formula ini bentuknya sama-sama cairan, ya.

Moms, meskipun sama-sama cairan, ternyata bayi TIDAK BOLEH minum air putih. Bayi hanya boleh minum air putih setelah mereka mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Sebelum itu, bayi hanya boleh diberikan ASI ataupun susu formula.

Mengapa, sih, bayi tidak boleh minum air putih? Sebab, air putih bisa membuat perut bayi perasa penuh sehingga bisa memicu ia menolak susu yang diberikan kepadanya. Dampaknya, kebutuhan gizi bayi tidak terpenuhi secara optimal.

Lagi pula, Moms, dengan memberikan ASI kepada bayi, kebutuhan air mereka sudah tercukupi, kok. Hal ini karena ASI sudah mengandung 88% air, bahkan dengan segala nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si kecil.

Jadi jangan berikan air putih kepada bayi sebelum ia berusia 6 bulan atau mulai diberikan MPASI, ya, Moms. Berikan saja ia ASI yang cukup ataupun susu formula jika memang Moms memiliki kendala dalam memberikan ASI.