Baby

Tanda Mata Anak Kedip Berlebihan, Stres Bisa Jadi Pemicunya!

Setiap hari bahkan setiap saat mata kita suka berkedip, ya, Moms. Bukan sekadar gerakan refleks, mata berkedip pun punya manfaatnya, yakni untuk menjaga bola mata tetap terlumasi. Selain itu, berkedip pun mengatur air mata yang menyehatkan dan membersihkan permukaan mata.

Mata orang dewasa maupun anak-anak tanpa disadari akan refleks berkedip. Namun, bagaimana jika mata anak berkedip berlebihan?

Melansir dari laman Adult child Eye, mengetahui mata anak kedip berlebihan yaitu dengan cara melakukan pemeriksaan ke dokter mata dan menemukan tanda-tanda berikut ini:

  • Mata gatal sehingga anak sering menggosok matanya
  • Mata bengkak
  • Mata merah dan berair
  • Terkadang dibarengi dengan hidung tersumbat dan pilek

Di samping itu, kedipan yang berlebihan juga berkaitan dengan stres serta kebiasaan tics. Stres yang dialami anak bisa jadi karena merasa cemas dan ketakutan.

Sedangkan kebiasaan tics disebabkan oleh gerakan otot yang cepat dan berulang yang menyebabkan kedipan keras. Kondisi ini pun bisa saja disebabkan oleh stres dan kelalahan.

Sebenarnya kondisi ini bisa membaik tanpa pengobatan, biasanya dalam beberapa minggu atau bulan. Namun, jika si kecil sudah merasa sangat tidak nyaman, lebih baik segera membawanya ke dokter mata untuk mendapat pengobatan yang tepat.