Kesehatan

Bayi Mandi Susu, Adakah Manfaatnya dan Bagaimana Melakukannya?

Moms, pernahkah mendengar tentang milk bath atau mandi susu? Ternyata mandi susu ini menawarkan beragam manfaat kesehatan untuk bayi. Lantas, susu apakah yang dipakai untuk mandi? Jawabannya adalah ASI.

Akan tetapi, tentu saja bukan atau bahkan tidak disarankan Moms mencelupkan bayi ke dalam bak yang berisi ASI hingga penuh. Moms hanya perlu sedikit ASI yang dipompa untuk keperluan milk bath.

Mengutip dari Parents.com, dokter anak Tanya Altmann, MD, yang juga penulis buku American Academy of Pediatrics Baby and Toddler Basics and Your Infant’s First Year, mencatat bahwa ASI mengandung banyak bahan yang ditemukan dalam pelembap kulit—termasuk lemak, protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral. “Tidak mengherankan bahwa itu bisa bermanfaat bagi kulit,” kata Dr. Altmann.

“Antibodi yang terkandung dalam ASI juga dapat membantu meringankan iritasi kulit dan infeksi. Itulah alasan mengapa mengoleskan 1 hingga 2 tetes ASI pada ruam popok bisa membantu meringankan kondisinya.

Mandi ASI telah digunakan untuk mengobati dan mencegah masalah kulit umum pada bayi termasuk:

  • Kulit kering
  • Jerawat bayi
  • Eksim
  • Ruam popok
  • Cradle cap

Cara Memandikan Bayi dengan Susu

Konsultan laktasi Polly Gannon merekomendasikan penggunaan sekitar 150-350 mililiter ASI, cukup untuk membuat air terlihat keruh atau seperti susu. “Jangan menggunakan terlalu banyak susu, karena akan menyebabkan bayi berbau seperti susu,” Gannon memperingatkan.

Moms dapat menggunakan ASI segar atau yang disimpan untuk mandi susu, tetapi ASI beku harus dicairkan sebelum ditambahkan ke air mandi hangat. Setelah susu siap, ikuti langkah-langkah ini untuk memandikan bayi dengan susu:

  • Tambahkan ASI ke bak mandi bayi yang berisi air hangat.
  • Tempatkan bayi dengan lembut di bak mandi dan biarkan mereka berendam selama sekitar 15 menit. Gunakan tangan Moms untuk memercikkan air ke seluruh tubuh bayi, berikan perhatian khusus pada area yang teriritasi.
  • Setelah selesai, bayi tidak perlu dibilas. Cukup keluarkan dari bak mandi dan tepuk dengan lembut hingga kering.
  • Oleskan losion bebas pewangi ke kulit bayi untuk mengunci manfaat hidrasi dari mandi susu.
  • Jika semuanya berjalan dengan baik, Moms dapat melihat peningkatan yang nyata pada kulit anak setelah mandi ASI, tetapi tetap perhatikan iritasi yang mungkin memerlukan perawatan tambahan.

“Saya tidak melihat bahaya menambahkan ASI ke bak mandi bayi Anda,” kata Dr. Altmann. “Namun, selalu konsultasikan dengan dokter anak jika bayi mengalami ruam kulit atau iritasi yang tidak membaik.”