Baby

Manfaat Menggunakan Humidifer untuk Bayi

Zaman sekarang sudah banyak yang menggunakan humidifier di dalam rumah atau ruangan pribadinya. Humidifier atau alat pelembap udara ini punya banyak manfaat. Misalnya dapat membantu menjaga kesehatan dengan cara mencegah penyebaran virus dan kuman.

Akan tetapi, apakah penggunaan humidifier aman untuk bayi?

Melansir dari situs Parents.com, humidifier bekerja dengan mengubah air menjadi uap, dan mendorongnya ke udara melalui cerat. Ini meningkatkan kadar air di udara, dan ketika udara lembap itu dihirup melalui mulut atau hidung, ini membantu mengurangi kekeringan di saluran udara.

“Pelembap udara sangat bermanfaat jika disimpan di kamar bayi, terlebih ketika mereka mengalami infeksi saluran pernapasan atas atau ketika udara sangat kering di rumah—biasanya di musim dingin,” kata Jennifer Foersterling, M.D., dokter anak Universitas Washington di Premier Pediatrics di St. Louis.

“Udara yang dilembapkan membuat saluran hidung tetap lembap dan lendir tidak terlalu lengket.” Hal itu mengarah pada pernapasan yang lebih mudah bagi bayi, yang tentu saja membantu mereka tidur lebih nyenyak.

Selain itu, pelembap dapat menangkal kulit kering, dan dapat membantu mencegah eksim. Dan beberapa bayi menyukai white noise yang dikeluarkan oleh humidifier.