Ibu Menyusui

Busui Makan Pedas Bikin Bayi Rewel, Benarkah?

Banyak anggapan yang muncul di kalangan masyarakat tentang ibu menyusui dilarang makan makanan pedas karena bisa berpengaruh pada kondisi bayi, misalnya bikin bayi rewel. Kira-kira benarkah hal itu?

Perlu Moms ketahui, sebenarnya hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang menjelaskan tentang efek buruk makanan pedas terhadap bayi yang menyusu pada ibunya. Termasuk pada pencernaan bayi.

Lalu, jika ibu menyusui makan pedas dikaitakn dengan membuat bayi rewel, itu pun hanya mitos. Mengutip dari Hellosehat.com, penyebab bayi rewel atau kolik bukan berarti karena makanan yang dikonsumsi ibu. Bahkan penyebab bayi kolik belum bisa dipastikan hingga saat ini.

Akan tetapi, melansir situs Mayo Clinic, kolik sering terjadi karena sistem pencernaan bayi belum sempurna, mengalami ketidakseimbangan bakteri pencernaan, atau menderita alergi makanan tertentu.

Selain itu, bayi juga bisa saja rewel karena ia kelaparan, kesepian, kelelahan, ingin digendong, ingin mengisap sesuatu, kepanasan, atau kedinginan. Jadi bukan karena pengaruh dari makanan pedas yang Moms konsumsi, ya.

Dan pastinya busui makan pedas bikin bayi rewel hanyalah mitos.