Kesehatan

Jenis Luka Bekas Operasi Caesar dan Cara Menyamarkannya

Operasi caesar meninggalkan bekas luka di area kulit yang dilakukan pembedahan. Mengutip dari situs Hellosehat.com, ini 2 jenis masalah yang mungkin terjadi pada bekas lupa operasi caesar:

  • Keloid. Bekas luka menjadi keloid saat jaringan di luka tumbuh melampaui batas luka sehingga menghasilkan tonjolan bekas luka di sekitar sayatan.
  • Bekas luka hipertrofik. Berbeda dari keloid, bekas luka hipertrofik berada dalam batasan garis sayatan asli. Namun, jaringan tetap tumbuh dan menjadi lebih tebal serta keras dibandingkan dengan bekas luka normal.

Bekas luka caesar sebenarnya dapat hilang atau samar dengan sendirinya dalam jangka waktu tertentu. Namun, bisa saja melakukan upaya-upaya lain untuk bantu menyamarkannya agar tidak terlalu jelas.

Adapun berbagai upaya atau cara tersebut, di antaranya yaitu:

  • Hindari bekas luka dari paparan sinar matahari, karena bisa membuatnya menjadi lebih gelap atau lebih terang daripada kulit di sekitarnya. Lindungi bekas luka dari paparan sinar matahari langsung, misalnya dengan menggunakan tabir surya.
  • Cara selanjutnya yang Moms bisa terapkan yaitu dengan menggunakan berbagai pilihan pengobatan untuk mengurangi bekas luka, baik secara medis maupun terapi nonmedis.