Kesehatan

Obat Sakit Gigi Alami untuk Anak, Catat Moms!

Sakit gigi bisa diderita oleh siapa saja, termasuk buah hati Moms. Sebagai orang tua, Moms tentunya akan khawatir jika si kecil mengalami sakit gigi. Apalagi rasa nyeri akibat sakit gigi ini pun bisa berdampak pada kondisi lainnya. Seperti membuat anak lebih rewel, menolak makan, hingga demam dan sakit kepala.

Kalau sudah seperti itu pasti Moms ikut pusing memikirkannya, ya. Oleh karena itu, Moms perlu tahu langkah-langkah awal untuk mengobati sakit gigi yang diderita si kecil menggunakan bahan alami yang ada di rumah.

Apa sajakah itu? Mengutip dari situs Alodokter, inilah bahan-bahannya.

1. Es Batu

Moms bisa menggunakan es batu untuk meredakan nyeri yang dirasakan oleh si kecil. Pun jika ia sampai mengalami pembengkakan pada pipinya, Moms bisa manfaatkan es batu untuk meredakan bengkak.

Caranya dengan bungkus es batu menggunakan kain lembut, lalu tempelkan di pipi anak selama 20 menit atau hingga kondisinya membaik.

2. Air Garam

Redakan sakit gigi dengan berkumur menggunakan campuran 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Namun, disarankan hanya menggunakan cara ini kepada anak di atas usia 6 tahun, atau yang sudah bisa berkumur dengan baik.

3. Bawang Putih

Satu lagi bahan alami dan sering ada di dapur yang bisa dipakai untuk mengatasi sakit gigi pada anak, yaitu bawang putih.

Cara menggunakan bawang putih sebagai bahan alami mengatasi sakit gigi anak yaitu dengan menghaluskannya terlebih dahulu, lalu oleskan bawang putih di gigi atau gusi anak yang sakit menggunakan cotton bud maupun jari yang bersih.

Mudah didapat, kan, Moms bahan-bahannya? Semoga si kecil lekas sembuh ya. Namun, jika kondisinya tak kunjung sembuh, segera bawa ia ke dokter gigi.