Kesehatan

Kapan Boleh Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan?

Hamil membuat tubuh Moms mengalami kenaikan berat badan. Lalu, setelah melahirkan, tak serta-merta pula berat badan atau bentuk badan Moms akan kembali seperti sebelum hamil. Terkadang dibutuhkan proses yang cukup lama untuk menurunkan berat badan.

Lagi pula, ternyata jika Moms kehilangan berat badan terlalu cepat setelah melahirkan, bisa saja berpengaruh pada durasi pemulihan pascapersalinan yang jadi lebih lama. Oleh karena itu, jika memang ingin menurunkan berat badan setelah melahirkan, lakukannya secara bertahap.

Mengutip dari situs theAsianparent Indonesia, pada umumnya ibu baru melahirkan diperbolehkan melakukan diet atau menurunkan berat badan pada minggu ke-6 setelah melahirkan. Cadangan lemak ekstra yang disimpan tubuh akan berkurang paling tidak setengahnya dalam waktu 6 minggu setelah melahirkan dan sisanya akan hilang selama beberapa bulan ke depan.

Akan tetapi, jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menjalani program diet.

Sementara itu, untuk ibu menyusui, sebaiknya tunggu hingga bayi berusia minimal 2 bulan dan suplai ASI sudah normal sebelum memulai mengurangi asupan kalori secara drastis. Sebab, ibu yang menyusui secara eksklusif membutuhkan sekitar 500 kalori lebih banyak setiap harinya.

Oleh karenanya, lakukanlah diet dengan bijak, ya, Moms. Perhatikan juga kondisi si kecil, terutama bagi Moms yang menyusui secara eksklusif. Jangan sampai diet yang Moms lakukan memengaruhi kesehatan si kecil.