Covid 19

Perlukah Vaksin Covid-19 Dosis Keempat?

Vaksin menjadi salah satu upaya untuk mencegah kita terpapar dari virus Corona atau Covid-19. Hingga saat ini pun di Indonesia sudah dilakukan pemberian dosis vaksin Covid-19 ketiga kepada sejumlah masyarakat. Namun ternyata, vaksin Covid-19 tak berhenti di dosis ketiga. Sebab, ada vaksin Covid-19 dosis keempat!

Di negara lain, Israel misalnya, pemberian vaksin Covid-19 dosis keempat telah dijalankan. Adapun penerimanya yaitu kelompok-kelompok yang lebih rentan terpapar, orang dengan sistem imun lemah, dan petugas kesehatan.

Lantas, sebenarnya apakah vaksin Covid-19 dosis keempat memang diperlukan? Mengutip situs Alodokter, hingga saat ini, belum banyak ditemukan bukti kuat mengenai perlu atau tidaknya pemberian vaksin Covid-19 dosis keempat. Penelitian yang lebih luas dan mendalam masih dilakukan untuk memastikan keamanan vaksin dosis keempat.

Selain itu, masih juga dibutuhkan data yang mendukung untuk memastikan manfaat dosis keempat. Misalnya untuk mengurangi risiko terjadinya gejala berat atau kematian akibat Covid-19.

Selain itu, diperlukan juga penelitian lebih lanjut untuk menentukan apakah dosis keempat ini bisa diberikan kepada seluruh masyarakat, atau hanya kelompok tertentu yang lebih rentan terpapar Covid-19.

Oleh karena itu, urgensi pemberian vaksin Covid-19 dosis keempat ini memang masih belum ada kepastiannya, ya, Moms. Lagi pula, lebih baik sekarang kita lakukan saja terlebih dahulu vaksin Covid-19 dosis ketiga atau vaksin booster yang jelas-jelas sudah mulai dijalankan di Indonesia.