Ibu Menyusui

Jarang Menyusui di Malam Hari? Hati-Hati Produksi ASI Moms Bisa Berkurang

Setelah melahirkan, tugas ibu selanjutnya adalah menyusui buah hatinya. Biasanya ada jadwal-jadwal tertentu seorang ibu menyusui bayi baru lahir. Seperti pada malam hari.

Akan tetapi, seiring bertambahnya usia bayi, terkadang bayi mulai jarang menyusu di malam hari, karena mereka sudah terlatih untuk tidur sepanjang malam.

Kondisi bayi jarang menyusu di malam hari ini ternyata bisa berpengaruh pada produksi ASI Moms, loh. Ya, produksi ASI Moms bisa saja menurun.

Kok, bisa ya?

Mengutip dari situs theAsianparent Indonesia, hal ini terjadi karena tingkat prolaktin atau hormon yang memberi sinyal pada payudara untuk memproduksi ASI cenderung lebih tinggi di malam hari.

Sementara jika Moms tidak menyusui bayi pada malam hari, ini bisa berpengaruh pada penurunan prolaktin yang dapat berkontribusi pada penurunan ASI.

Oleh karena itu, pertimbangkan untuk memberikan ASI pada bayi sesekali di malam hari agar produksi ASI Moms tidak menurun. Atau bisa juga menyusui ketika bayi terbangun dan susui bayi sambil berbaring agar tidak mengganggu siklus tidurnya.