Baby

Normalkah Bayi Baru Lahir Sering Tidur?

Moms pasti sering melihat, kan, kalau bayi baru lahir itu banyak tidur? Mayoritas bahkan hampir seluruh bayi baru lahir memang akan tidur lebih sering.

Lantas, apa, sih, penyebab dari kondisi ini?

Mengutip dari situs theAsianparent Indonesia, saat masih berada di dalam rahim, bayi sudah menghabiskan banyak waktunya untuk tidur. Ia merasa sangat nyaman dikelilingi oleh rahim yang hangat dan merasa tenang serta aman saat mendengarkan suara Moms.

Lantaran terbiasa tidur di dalam kandungan, hal itu pun terbawa hingga ia lahir ke dunia. Sehingga bayi baru lahir biasanya akan tidur terus-menerus. Dan ini merupakan kondisi yang normal, ya, Moms.

Menurut National Sleep Foundation, dalam periode 24 jam seorang bayi baru lahir dapat tidur antara 14 hingga 17 jam. Beberapa bayi bahkan tidur hingga 18 jam sehari. Sehingga 75% dari hari bayi dihabiskan untuk tidur.

Mengutip dari Healthline, Karen Gill, MD, FAAP menjelaskan bahwa selama dua atau tiga minggu pertama bayi lebih banyak tidur dan jarang menyusu.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa bayi harus bangun setidaknya 8 hingga 12 kali untuk menyusui dalam waktu 14 jam. Setelah ia melewati usia tiga minggu, pola tidurnya menjadi lebih bervariasi dan berkurang, meski ada juga bayi yang tidur lebih lama daripada yang lain.

Jadi kebiasaan bayi baru lahir yang sering tidur itu normal, ya, Moms.