Baby

Waspadai Bahaya Bayi Tidur Tengkurap!

Tidur tengkurap tampaknya menjadi posisi tidur yang disukai si kecil. Namun, sebenarnya posisi ini tidak cukup aman bagi bayi sampai ia bisa berguling sendiri.

Mengutip dari SehatQ.com, ternyata posisi tidur tengkurap dapat menurunkan kadar oksigen dan meningkatkan karbondioksida pada bayi sehingga bisa mengurangi fungsi paru-paru. Sebab saat tidur tengkurap, bayi cenderung menghirup kembali udara yang mereka embuskan. 

Selain itu, tidur tengkurap atau miring juga bisa membuat tubuh bayi kesulitan mengeluarkan panas berlebih. Dampaknya bisa membuat bayi lebih mudah kepanasan yang pada akhirnya meningkatkan risiko sudden infant death syndrome (SIDS) atau sindrom kematian mendadak pada bayi.  

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), bayi yang tidur tengkurap akan lebih besar kemungkinan untuk mengalami kematian mendadak atau SIDS, bahkan hingga 12,9 kali dibandingkan dengan tidur telentang.

Oleh karena itu, jangan biarkan bayi tidur tengkurap, ya, Moms. Maka dari itu selalu awasi si kecil saat ia sedang tidur. Pastikan posisi tidur si kecil aman dan nyaman.