Baby

Takaran Susu Bayi Setelah Mulai MPASI

Setiap ibu tentu ingin bisa memberikan ASI kepada buah hatinya. Namun, ada saja kendala yang pada akhirnya pemberian ASI tidak bisa dilakukan. Saat Moms tidak bisa memberikan ASI kepada si kecil, susu formula adalah alternatif lain asupan yang cocok untuk bayi.

Susu formula bisa Moms berikan kepada bayi sejak ia baru lahir, bahkan hingga saat bayi mulai diberikan makanan padat atau MPASI. Hanya saja, takaran susu formula yang diberikan untuk bayi baru lahir dengan bayi yang sudah diberi makanan padat tentunya berbeda.

Nah, Moms, berikut ini takaran susu bayi untuk bayi yang sudah mulai diberikan MPASI atau makanan padat, melansir dari situs theAsianparent Indonesia.

Berdasarkan American Academy of Pediatrics (AAP), rata-rata bayi harus mengonsumsi sekitar 75 ml susu formula sehari untuk setiap 4,5 kg berat badannya.

Contoh menghitung jumlah takaran susu pada bayi dengan berat 6 kg, maka bayi setidaknya mengonsumsi susu formula sebanyak 100 ml.

Sebagian besar bayi puas dengan 90-120 ml per makan selama bulan pertama. Kemudian, jumlah itu meningkat sebanyak 30 ml per bulan, sampai mencapai maksimum sekitar 210-240 ml. 

Jika bayi secara konsisten terlihat menginginkan lebih atau kurang dari takaran tersebut, Moms bisa diskusikan dengan dokter anak. Sebab, sebaiknya bayi tidak minum lebih dari 960 ml susu formula dalam 24 jam, dikarenakan akan mengganggu penyerapan zat besi (Fe). 

Saat bayi sudah mulai diberikan MPASI, asupan susu formula hariannya bisa berkurang dalam satu hari, yaitu sekitar 600 mililiter. Pasalnya, bayi juga mendapatkan asupan lain dari berbagai makanan padat yang mulai diberikan kepadanya.

Satu hal yang perlu orang tua perhatikan, yakni kebutuhan susu setiap bayi berbeda. Maka dari itu, jangan khawatir jika buah hati Moms tidak mau minum susu dalam jumlah tersebut.