Kesehatan

Mengenal Cacar Monyet (Monkeypox) dan Penyebabnya

Beredar di masyarakat tentang penyakit cacar monyet atau monkeypox. Mengutip dari laman Hellosehat, ini merupakan penyakit infeksi virus yang disebabkan oleh virus langka dari hewan (virus zoonosis). Dan monyet adalah inang utama dari virus monkeypox, maka disebutkan dengan cacar monyet.

Virus cacar monyet berasal dari genus Orthopoxvirus dalam keluarga Poxviridae. Virus yang termasuk dalam genus Orthopoxvirus meliputi virus variola penyebab cacar (smallpox), virus vaccinia (yang digunakan dalam vaksin cacar), dan virus cacar sapi.

Masih mengutip dari laman Hellosehat, mayoritas kasus cacar monyet pada manusia disebabkan penularan dari hewan. Virus tersebut masuk ke tubuh manusia melalui luka terbuka di kulit, selaput lendir, mukosa (air liur), dan saluran pernapasan.

Saat terpapar virus cacar monyet, penderita akan mengalami beberapa gejala. Adapun gejala cacar monyet mirip dengan penyakit cacar, seperti demam dan ruam kulit yang melepuh menjadi lenting. Namun, kadang kala gejala pun diiringi dengan pembengkakan kelenjar getah bening di area ketiak.

Walau demikian, penyakit cacar jenis ini masih dapat dicegah, kok, Moms, yakni melalui vaksinasi. Sementara itu, antivirus untuk pengobatan cacar monyet masih terus diteliti secara lebih lanjut.