Kesehatan

3 Jenis Lemak pada Makanan, Cek Moms!

Hampir di setiap makanan yang kita konsumsi mengandung lemak. Mulai dari yang dikenal sebagai lemak baik, hingga lemak jahat. Beragam lemak ini pun terkandung dalam makanan si kecil atau MPASI. Bahkan, bayi membutuhkan seluruh jenis lemak ini sebagai penunjang tumbuh kembangnya yang lebih optimal.

Lantas, apa sajakah jenis lemak tersebut?

1. Lemak Tak Jenuh

Dianggap sebagai lemak paling sehat. Manfaat dari lemak tak jenuh yaitu dapat mendukung perkembangan otak, saraf, dan mata bayi.

Lemak tak jenuh juga telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung serta stroke karena meningkatkan kolesterol baik dalam darah. 

Adapun makanan yang menjadi sumber lemak tak jenuh yaitu salmon, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak canola, minyak zaitun, margarin lembut nonhidrogenasi, dan alpukat.  

2. Lemak Jenuh

Lemak jenis ini banyak ditemukan pada daging dan produk hewani. Apabila lemak jenuh dikonsumsi secara berlebihan berisiko meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sebab, lemak jenis ini dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam darah. 

3. Lemak Trans

Terakhir adalah lemak trans yang kerap dianggap sebagai lemak paling tidak sehat. Mengapa demikian? Sebab, lemak ini dapat meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik dalam darah. Dampaknya dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. 

Lemak trans cukup banyak ditemukan pada makanan cepat saji, margarin, hingga makanan kemasan seperti kue kering dan biskuit. Selain itu, terdapat juga di daging, telur, dan jeroan.