Kesehatan

4 Cara Menghindari Pneumonia pada Anak

Pneumonia adalah salah satu penyakit gangguan pernapasan yang dapat dialami anak-anak. Saat mengalami pneumonia, paru-paru anak mengalami infeksi atau peradangan. Mengutip situs Hellosehat, berdasarkan data dari World Health Organization (WHO), pneumonia menjadi penyebab 16% kematian balita pada tahun 2015.

Meski demikian, sebenarnya pneumonia pada anak dapat dihindari atau dicegah. Melansir dari situs resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), berikut ini adalah cara-cara yang bisa diterapkan untuk mehindari anak mengalami pneumonia.

1. Pemberian ASI Eksklusif dan MPASI Adekuat

ASI eksklusif selama 6 bulan dan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) yang adekuat terbukti dapat melindungi dari penyakit pneumonia pada anak, bahkan hingga di kemudian hari.

2. Imunisasi Lengkap

Imunisasi lengkap dapat mencegah anak terjangkit pneumonia, dan dapat mencegah penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan pneumonia seperti campak, batuk rejan, difteri, serta penyakit berat lainnya.

3. Rutin Cuci Tangan Menggunakan Sabun

Terlihat sederhana, tetapi rutin mencuci tangan menggunakan sabun dapat mencegah anak terpapar penyakit pneumonia. Sebab, mencuci tangan menggunakan sabun dapat membunuh jutaan bakteri dan virus yang menempel di tangan akibat bersentuhan langsung dengan segala macam benda kotor.

4. Kurangi Polusi di Dalam Rumah

Polusi udara yang terjadi dalam rumah maupun di luar rumah harus dihindari. Contohnya, jangan sampai anak terpapar asap rokok. Sebab, asap rokok sangat berbahaya dapat merusak saluran pernapasan anak. Anak yang hidup dengan perokok meskipun tidak merokok langsung di depannya tetap memiliki risiko lebih tinggi terjangkit pneumonia atau penyakit pernapasan lainnya, dibandingkan dengan yang tidak ada perokok di rumahnya.

Itulah Moms cara-cara mencegah pneumonia pada anak yang dapat diterapkan sejak dini. Ingat, ya, Moms, mencegah lebih baik daripada mengobati!