Pregnancy

Bumil, Inilah Tips Menjaga Rambut Tetap Bersih dan Sehat Saat Hamil

Menjaga kesehatan dan kebersihan rambut adalah tugas masing-masing orang, tak terkecuali ibu hamil. Jika Moms pernah mendengar soal larangan keramas saat hamil, itu hanya MITOS, ya! Jangan dipercaya! Bumil boleh, kok, keramas. Lagi pula keramas adalah salah satu upaya untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan bersih.

Selain keramas, ada juga tips atau cara lainnya yang bisa Moms lakukan untuk menjaga rambut tetap bersih dan sehat selama hamil. Mengutip dari situs theAsianparent Indonesia, berikut ini adalah tips-tips yang bisa Moms lakukan:

  • Jaga kebersihan sisir karena rambut akan cenderung cepat kotor dan membuat sisir menjadi lebih kotor lagi.
  • Moms dapat menjaga kebersihan rambut dengan menggosok bagian rambut secara halus menggunakan kain air panas atau handuk. Buat bagian-bagian kecil pada rambut dan coba bersihkan dengan menggosokannya menggunakan kain muslin atau katun yang dicelupkan ke dalam air panas (hati-hati pada suhu panasnya). Ini akan membuat kulit kepala bebas dari kotoran dan minyak, dan membuat kepala merasa bersih.
  • Untuk tipe rambut berminyak, tidak dianjurkan untuk mengoleskan minyak jenis apa pun ke rambut. Sebab, itu akan menjadikannya lebih berminyak lagi.
  • Jika rambut Moms kering, jangan khawatir, kulit kepala Anda akan menghasilkan minyak yang cukup untuk rambut.
  • Jika kulit kepala Moms agak berminyak, Moms bisa menyiasatinya dengan menaburkan bedak talek agar tetap kering.
  • Jauhkan rambut dari kotoran, debu, polusi, dan tutupi rambut dengan topi atau syal saat Moms keluar rumah.

Itulah Moms tips menjaga rambut tetap bersih dan sehat saat hamil. Jangan lupa dilakukan, ya.