Baby

Adakah Waktu Tertentu untuk Mencukur Rambut Bayi?

Masyarakat Indonesia kental dengan tradisi dan budaya, tak terkecuali soal mencukur rambut bayi. Beberapa orang tua percaya kalau mencukur rambut bayi harus di hari tertentu. Misalnya, pada hari ketujuh setelah bayi dilahirkan. Lantas, sebenarnya adakah waktu tertentu untuk mencukur rambut bayi?

Ditinjau dari sisi medis, mengutip dari situs resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), pada dasarnya tidak ada waktu khusus terkait mencukur rambut bayi untuk pertama kalinya. Bahkan menurut dr. Rosalina Dewi Roeslani, Sp.A(K), rambut bayi boleh dicukur, boleh juga tidak.

Rambut pertama bayi, atau dikenal juga dengan velus, akan rontok sendirinya pada bulan-bulan pertama kehidupan bayi. Sehingga tanpa dicukur, rambut halus tersebut akan rontok pada waktunya.

Rambut manusia, termasuk rambut bayi, akan melewati tiga fase, yaitu fase tumbuh, fase istirahat, dan fase lepas. Setiap helai rambut mungkin berada pada fase pertumbuhan yang berbeda sehingga sering kali tampak ada area kulit kepala bayi yang agak jarang rambutnya, sementara bagian lain tampak lebat. Mencukur ataupun tidak mencukur rambut bayi tidak memengaruhi kecepatan pertumbuhan maupun membuat rambut menjadi lebih tebal.

Jadi, sebenarnya kapan saja Moms ingin mencukur rambut bayi, boleh, ya. Atau jika tidak ingin mencukurnya dalam jangka waktu tertentu juga boleh.