Kesehatan

Tips Mencegah Kerusakan Gigi Susu Anak, Jangan Sampai Diabaikan!

Menjaga kesehatan gigi harus dilakukan sejak dini, bahkan sebelum gigi gigi susu si kecil tumbuh. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya kerusakan gigi yang bisa saja mengganggu tumbuh kembang si kecil hingga membuatnya merasa tidak nyaman.

Adapun cara mencegah kerusakan gigi susu anak yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut bayi sedari kecil. Mengutip dari situs theAsianparent Indonesia, Moms bisa menggunakan kain kasa yang dilembapkan menggunakan air untuk membersihkan mulut bayi.

Kemudian, bisa juga menggunakan sikat gigi silikon, serta bisa menggunakan sikat berbulu yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran mulut dan gigi anak. Lantas, perlukah menggunakan pasta gigi untuk membersihkannya?

Moms, penggunaan pasta gigi sendiri harus menyesuaikan usia anak. Untuk anak di atas 3 tahun, gunakan pasta gigi sebesar biji jagung. Sementara untuk anak di bawah usia 3 tahun, gunakanlah pasta gigi sebesar biji beras.

Sedangkan untuk si kecil yang sedang berada di fase gigi campur antara gigi susu dan gigi tetap, cara menjaga kesehatan giginya yaitu dengan memperhatikan gigi tetap yang baru saja tumbuh. Pastikan rajin membersihkan gigi bayi agar tidak ada sisa makanan di permukaan gigi.

Itulah tipsnya, Moms. Mudah, bukan? Yuk, mulai terapkan dari sekarang!