Pregnancy

Bahaya Cacar Monyet pada Ibu Hamil, Jangan Anggap Sepele!

Penyakit cacar monyet (monkeypox) menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi banyak orang. Sebab, penyakit ini memiliki sejumlah bahaya, terutama untuk kelompok rentan, salah satunya ibu hamil. Kira-kira apa, ya, Moms, bahaya cacar monyet untuk ibu hamil?

Walaupun kasusnya belum ditemukan di Indonesia, tetapi Moms tetap harus waspada dengan penyakit cacar monyet, terutama Moms yang sedang hamil. Sebab, mengutip dari situs Hellosehat, penyakit cacar monyet dapat menimbulkan komplikasi berbahaya dan gangguan kesehatan ibu hamil. Hal ini pernah disampaikan oleh Mbala et al. dalam sebuah laporan kasus di Republik Kongo pada 2017.

Dalam laporan tersebut dijelaskan bahwa ada 4 pasien ibu hamil yang awalnya datang ke rumah sakit dengan keluhan gejala mirip cacar monyet. Lalu, 2 orang pasien menunjukkan gejala pada trimester pertama, setelah itu mengalami keguguran.

Sementara pasien ke-3 mengaku gejala muncul saat trimester kedua dan akhirnya ia melahirkan bayi secara normal. Kemudian, pasien ke-4, menunjukkan gejala saat trimester kedua dan mengalami kematian janin tepat pada usia kehamilan 21 minggu.

Setelah dilakukan identifikasi pada janin, terdeteksi pembesaran hati abnormal (hepatomegali) dan penumpukan cairan pada rongga perut (efusi peritoneal).

Menurut peneliti, kedua kondisi ini timbul karena terinfeksi cacar monyeti. Pengamatan lainnya juga menunjukkan tampilan abnormal pada kulit (lesi kulit) kepala, telapak tangan, dan telapak kaki.

Sebelumnya, salah satu studi dalam The Journal of Infectious Disease pernah melaporkan kasus ibu hamil yang melahirkan bayi prematur pada minggu kehamilan ke-24. Bayi tampak mengalami ruam kulit yang mirip dengan gejala cacar monyet. Kemudian, enam minggu setelahnya, bayi tersebut meninggal.

Sayangnya, tidak dilakukan uji laboratorium sehingga peneliti tidak bisa mengonfirmasi apakah hal tersebut memang disebabkan oleh infeksi cacar monyet atau bukan?

Jadi, Moms, dari penjelasan tersebut, harus berhati-hati dengan penyakit ini, ya. Hindari segala penyebab penyakit cacar monyet.