Beauty

Benarkah Suntik Putih Mampu Mencerahkan Kulit?

Salah satu jenis perawatan yang bisa Moms coba untuk mencerahkan kulit yaitu suntik putih. Dalam prosedur suntik putih, akan disuntikkan kombinasi larutan vitamin C dan bahan lainnya seperti glutathione atau kolagen. Kombinasi larutan itu disuntikkan perlahan ke dalam pembuluh darah di area lipatan lengan atau punggung tangan. Lantas, seefektif apakah suntik putih untuk mencerahkan kulit kita?

Mengutip dari situs Hellosehat.com, menurut sebuah penelitian terbitan International Journal of Aesthetics and Anti-Aging Medicine, partisipan beretnis Asia yang melakukan suntik vitamin C selama 7 hingga 10 hari ternyata menunjukkan peningkatan penampilan yang cukup drastis.

Sebulan setelah suntikan vitamin C terakhir, sebanyak 95,4% partisipan melaporkan bahwa kulitnya kencang, lembap, cerah merona, segar, serta terasa mirip kulit bayi. Sisanya,hHanya 4,6% peserta yang melaporkan tidak terjadi perubahan apa pun pada kulit mereka.

Total skor kepuasaan yang diberikan partisipan mencapai 5 dari 7 poin. Dengan kata lain, penelitian tersebut mendukung klaim bahwa vitamin C dapat mencerahkan warna kulit dan meningkatkan penampilan kulit secara keseluruhan.

Akan tetapi, efek suntik putih vitamin C ini hanya mencerahkan warna kulit dan mengembalikan rona aslinya. Perawatan ini tidak serta-merta memutihkan kulit seperti yang dihebohkan oleh kalangan banyak.

Selain itu, proses suntik putih sangat bergantung pada jumlah dosis dan ketepatan waktu pemberian dosis. Mayoritas partisipan merasakan efek penampilan kulit yang jauh lebih baik mulai dari sesi kedua hingga keenam.

Pada periode ini, partisipan merasakan kembalinya kelembapan kulit diikuti oleh rona wajah yang sehat dan kulit yang cerah. Ini menunjukkan bahwa untuk mendapatkan hasil yang optimal, suntikan harus diberikan dalam dosis yang tepat dan teratur.