Pregnancy

Waktu Pertama Kali Mual Tanda Hamil Muncul, Moms Sudah Tahu?

Salah satu gejala kehamilan yang sering dialami perempuan adalah mual atau morning sickness. Mual saat hamil diperkirakan terjadi pada 70-80% kehamilan, sementara 20-30% sisanya tidak mengalami mual atau morning sickness.

Apabila Moms termasuk ibu hamil yang tidak mengalami gejala morning sickness, Moms tak perlu khawatir yang berlebih, ya, karena kondisi ini pun normal. Sebab, ini bukan satu-satunya gejala kehamilan yang kerap dialami perempuan.

Lantas, untuk ibu hamil yang kerap mengalami mual, kira-kira kapan, ya, Moms, pertama kali mual tanda hamil muncul? Moms pernah mengamatinya tidak, nih?

Mengutip dari laman theAsianparent Indonesia, sekitar setengah hingga dua pertiga dari semua ibu hamil akan mengalami mual pada trimester pertama. Lebih tepatnya dimulai sekitar minggu keempat kehamilan, lalu berangsur sembuh pada minggu ke 12 hingga 14.

Akan tetapi, 1 dari 5 ibu hamil mengalami mual hingga trimester kedua dan beberapa bahkan mengalami mual dan muntah sepanjang kehamilan hingga melahirkan.

Kondisi mual pada ibu hamil biasanya terjadi ringan. Sangat jarang ibu hamil mual sampai hiperemesis ekstrem dengan muntah yang sering bahkan hingga memerlukan rawat inap.

Masih mengutip dari theAsianparent Indonesia, sebuah penelitian di tahun 2018 menemukan bahwa mungkin ada komponen genetik untuk mengalami hiperemesis atau mual dan muntah yang parah. Oleh kaerna itu, waspadalah jika Moms memiliki riwayat keluarga yang mengalami hiperemesis.

Jika Moms hamil bayi kembar atau lemah karena penyakit tertentu, stres, atau sering bepergian, Moms mungkin mengalami mual dengan tingkat yang lebih tinggi. Ini juga sangat normal dan merupakan bagian dari perjalanan kehamilan.

Nah, kalau Moms tipe ibu hamil yang mengalami gejala mual atau tidak, nih?