Motherhood

Mengenal Pola Asuh “Tiger Parenting”, Baguskah untuk Anak?

Ada berbagai macam jenis pola asuh yang kerap kali diterapkan orang tua kepada buah hatinya. Salah satu contohnya yaitu Tiger Parenting. Apakah Moms pernah mendengar jenis pola asuh ini sebelumnya?

Melansir dari situs Alodokter, pola asuh tiger parenting merupakan jenis pola asuh yang bersifat otoriter, penuh kontrol, dan ketat. Penarapan pola asuh ini dipercaya dapat melatih anak agar disiplin, rajin, serta fokus sejak dini.

Para orang tua yang menerapkan pola asuh ini biasanya memiliki ambisi agar buah hatinya tumbuh menjadi seseorang yang sukses dalam hal apa pun, terutama dalam hal pendidikan atau akademik.

Sebenarnya pola asuh tiger parenting ini memiliki dampak positif dan negatif untuk anak. Positifnya yaitu bisa membimbing dan membantu anak meraih masa depan yang sukses. Namun negatifnya, jenis pola asuh ini dipercaya dapat mengganggu kesehatan mental anak.

Masih mengutip dari situs Alodokter.com, anak-anak yang dibesarkan dengan pola asuh tiger parenting kerap diliputi rasa takut anak berbuat salah dan takut mengecewakan orang tua. Jika kondisi ini terjadi dalam jangka waktu lama, bisa meningkatkan risiko anak mengalami stres, gangguan kecemasan, bahkan hingga depresi.

Selain itu, tak menutup kemungkinan anak-anak dapat memiliki kesulitan untuk berbaur dan menyesuaikan diri dengan lingkungan ataupun orang di sekitarnya.

Nah, kalau menurut Moms bagaimana, nih, soal pola asuh tiger parenting ini?