Baby

Kondisi Growth Spurt pada Bayi, Kenali Berbagai Tandanya

Moms, pernahkah mendengar tentang kondisi growth spurt? Mengutip dari situs Halodoc.com, growth spurt merupakan lonjakan pertumbuhan bayi yang terjadi pada awal-awal bulan setelah kelahiran.

Biasanya growth spurt terjadi di usia 7-10 hari, 2-3 minggu, 4-6 minggu, 3 bulan, 4 bulan, 6 bulan dan 9 bulan.  Durasi growth spurt berlangsung selama 2-3 hari, tetapi kadang-kadang bisa sampai seminggu.

Bayi yang mengalami growth spurt akan mengalami beberapa tanda. Adapun tandanya sebagai berikut, Moms!

1. Lapar Terus-menerus

Bayi yang mengalami growth spurt tak menutup kemungkinan akan menyusu sepanjang waktu. Maka dari itu, Moms harus minum banyak cairan agar produksi ASI tercukupi untuk si kecil. Tak luput, Moms juga harus menjaga asupan makan agar pasokan ASI tetap ada.

2. Bayi Lebih Rewel dari Biasanya

Bayi yang sedang berada di fase growth spurt pun akan mengalami rewel dari biasanya. Untuk mengatasinya, Moms coba berikan perhatian untuknya, memeluk si kecil sembari memberi usapan agar membuatnya lebih tenang.

3. Tidur Terus atau Terjaga Sepanjang Malam

Satu lagi tanda yang biasanya ditunjukkan oleh si kecil yaitu akan tidur lebih lama dari biasanya. Perubahan fisiologis ini penting untuk pertumbuhannya. Jika buah hati Moms mengalaminya, jangan membangunkannya, ya.

Saat bayi mengalami growth spurt, Moms harus perlu mengikuti petunjuk yang diikuti bayi. Namun, jika gejalanya cukup membuat Moms khawatir, Moms bisa langsung konsultasi dengan dokter.