Kesehatan

5 Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur, Simak Moms!

Adakah Moms yang pernah mengalami siklus menstruasi tidak teratur? Bukan tanpa alasan, tentu saja kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor penyebab.

Mengutip dari situs Halodoc.com, siklus menstruasi tidak teratur terjadi ketika panjang siklus menstruasi Moms mengalami perubahan terus-menerus. Biasanya, menstruasi bisa datang lebih awal ataupun terlambat.

Sebenarnya kondisi ini normal terjadi. Hanya saja, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya. Di antaranya yaitu:

1. Mengidap PCOS

Polycystic ovary syndrome (PCOS) menjadi salah satu pemicu siklus menstruasi yang tidak teratur. Hal ini dapat terjadi ketika kista muncul di ovarium.

2. Stres

Tingkat stres yang tinggi dapat memengaruhi siklus menstruasi Moms. Sebab, tubuh yang stres membuat terjadinya peningkatan kadar hormon adrenalin dan kortisol. Peningkatan kedua hormon ini memengaruhi hormon seks yang berfungsi mengatur siklus menstruasi.

Oleh karena itu, Moms harus menghindari stres, ya, agar siklus menstruasi kembali normal.

3. Penggunaan KB Hormon

KB hormonal bekerja dengan menekan ovulasi. Alhasil, siklus menstruasi tidak akan teratur.

Sebaiknya tanyakan kepada dokter kandungan mengenai gangguan siklus menstruasi yang Moms alami selama menggunakan KB hormonal. Pastikan juga mengetahui dampak yang bisa terjadi akibat penggunaan KB yang Moms pilih.

4. Olahraga Berlebihan

Olahraga berlebihan dapat memicu berbagai dampak, salah satunya siklus menstruasi yang tidak teratur.

5. Endometriosis

Masih melansir dari laman Halodoc.com, endometriosis terjadi karena jaringan yang melapisi rahim tumbuh di luar rahim. Selain menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur, kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri yang cukup parah saat menstruasi berlangsung.

Demikian 5 penyebab siklus menstruasi tidak teratur. Apakah kondisi ini sedang Moms alami?