Growth

Tips Menangani Anak Korban Bullying, Moms Jangan Abai!

Bullying atau perundungan merupakan bentuk tindakan yang patut dihindari. Sayangnya, di lingkungan kita, termasuk lingkungan anak-anak, masih ada saja oknum yang melakukan bullying.

Saat buah hati Moms menjadi korban bullying, Moms tidak boleh diam begitu saja. Moms harus berbuat sesuatu agar kondisi si kecil tidak semakin terpuruk. Jika tidak segera diatasi, korban bullying bisa mengalami depresi.

Inilah tanda-tanda anak yang menjadi korban bullying:

  • Terlihat cemas
  • Tidak nafsu makan
  • Kerap menghindari situasi tertentu, khususnya ketika berkaitan dengan seseorang yang melakukan bullying kepadanya
  • Adanya perubahan perilaku
  • Murung dan lebih mudah marah
  • Tidur tidak nyenyak
  • Jarang atau bahkan tidak melakukan hal-hal yang biasanya mereka sukai

Lantas, apa yang bisa orang tua lakukan untuk membantu anak korban bullying?

Saat anak berkata jujur kepada Moms jika ia menjadi korban bullying, hal pertama yang perlu Moms lakukan adalah beri pujian karena ia sudah berani jujur. Sebab, masih banyak anak-anak korban bullying yang takut untuk berkata jujur jika hal buruk itu terjadi kepadanya. Lalu, yakinkan anak jika Moms dan Dads akan menangani kasus ini dan mencari jalan keluar terbaik, serta memastikan ke depannya ia tidak lagi menjadi korban bullying.

Mengutip dari laman Halodoc.com, sebagian besar survei mengungkap kalau perilaku bullying umumnya terjadi di sekolah. Jika ini dialami buah hati Moms, beri tahu perangkat sekolah, seperti kepala sekolah, konselor atau guru tentang situasi tersebut. Guru-guru di sekolah akan mengambil langkah-langkah untuk mencegah masalah lebih lanjut.

Tanggapi dengan serius jika perundungan masih terus berlanjut hingga muncul ancaman kekerasan fisik. Jika guru-guru tidak membantu, orang tua bisa menghubungi otoritas hukum jika punya kekhawatiran tentang keselamatan anak.

Moms, jangan sampai buah hati Anda menjadi korban bullying, ya, apalagi sampai menjadi pelakunya! Jelaskan kepadanya jika bullying adalah tindakan negatif yang harus dihindari!