Baby

Mengenal Dermatitis Atopik, Kelainan Kulit yang Sering Dialami Bayi

Dalam dunia medis, Dermatitis Atopik (DA) adalah sebuah kondisi kelainan kulit yang kerap dialami anak-anak, terutama bayi. Adapun gejala jika si kecil mengalami dermatitis atopik yaitu memiliki kulit kering, muncul kemerahan di area kulit, bersisik, gatal pada satu atau beberapa area di wajah, leher, lipatan siku/lulut, pergelangan kaki hilang timbul dan berlangsung lama. .

Mengutip dari laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dermatitis atopik telah menjadi masalah kesehatan yang penting, terutama pada bayi dan anak, karena menyebabkan kondisi tidak nyaman akibat iritasi dan rasa gatal yang dominan di daerah kulit sehingga dapat mengganggu proses tumbuh kembang bayi dan anak.

Selain itu, dermatitis atopik juga mengakibatkan tekanan atau beban pada keluarga, memengaruhi pola makan dan tidur bayi, serta biaya kesehatan dan pengobatan. Pada sebagian besar pasien, dermatitis atopik merupakan penyakit alergi awal terjadi sebelum asma dan rinitis alergi di kemudian hari.

Lantas, apa penyebab dermatitis atopik? Masih menurut penjelasan IDAI, dermatitis atopik terjadi akibat interaksi multifaktorial, yaitu faktor genetik (keturunan), lingkungan, gangguan fungsi sawar (pelindung) kulit, faktor imunologik, dan infeksi.

Nah, Moms, dari gejala-gejala yang telah dijelaskan, apakah si kecil juga mengalami kondisi serupa? Jika ia mengalaminya, segera bawa ke dokter untuk mengetahui penangan yang tepat, ya.